home
Pilgrimage Sites

COLOSSEUM - Mengenal Lebih Dekat

Di negara Italia, tepatnya di kota Roma, terdapat peninggalan sejarah yang sangat terkenal sebagai tujuan wisata. Yaitu Colosseum.

Apakah itu?

Dari sosoknya yang sudah tidak utuh lagi, kita bisa melihat bahwa Colosseum adalah sebuah tempat yang digunakan untuk “pertunjukan”. Ya, Colosseum adalah sebuah amphitheatre (arena terbuka berbentuk oval/lingkaran yang berfungsi sebagai tempat pertunjukan dengan kursi berjajar berkeliling, disusun dari tingkat rendah ke tinggi), di pusat kota Roma, Italia, dan dikenal juga dengan sebutan Flavian Amphiteatre.

 

Fakta menarik lainnya?

  1. Colosseum adalah amphitheatre TERBESAR di dunia.
  2. Colosseum termasuk satu dari hasil karya insinyur dan arsitek Roma yang terhebat.
  3. Colosseum digunakan untuk bermacam-macam acara entertainmen, antara lain kontes gladiator, perang-perangan, perburuan hewan, dan juga pertunjukan drama dengan latar kisah mitos klasik.
  4. Colosseum dapat menampung 50.000 orang.
  5. Colosseum hancur akibat gempa bumi dan pencuri yang mengambil bebatuan bahan bangunan Colosseum.
  6. Colosseum dikenal juga sebagai Amphitheatre Flavian, karena dibangun pada jaman dinasti Flavian.
  7. Diberi nama Colosseum, karena adanya sebuah patung yang diletakkan di tepian amphitheatre ini, dimana si patung memiliki nama “the colossus of Nero”.
  8. Pembangunannya dimulai pada tahun 72 pada masa kekaisaran Vespasian. Dan selesai pada tahun 81 oleh Titus, putera Vespasian dan penerusnya. Jadi membutuhkan 9 tahun untuk menyelesaikan Colosseum, yang termasuk singkat. Karena untuk ukuran stadion sebesar Colosseum, tidaklah mudah pada jaman sekarang untuk membangunnya dalam waktu 9 tahun.
  9. Colosseum menggunakan tenaga manusia, yaitu budak Yahudi sebanyak 60 ribu orang. Bangunannya terbuat dari batu dan beton.
  10. Pada jaman Domitian, putera bungsu Vespasian berkuasa, tahun 81-96, ia memodifikasi amphitheatre ini. Ia membangun terowongan bawah tanah untuk menampung para budak dan juga hewan. Ia juga membangun sebuah galeri di atas jajaran tempat duduk di gedung ini.
  11. Colosseum telah digunakan untuk pertunjukan selama 390 tahun. Dan selama ini pula, terhitung 400ribu orang dan 1 juta hewan mati di dalamnya.
  12. Jaman dulu, untuk bisa menonton pertunjukan di sini, orang Romawi tidak perlu membayar tiket masuk. Bahkan makanan juga tersedia secara gratis. Dan buah-buahan juga harus disajikan bersamaan dengan makanan, karena banyak pohon tumbuh di dalam Colosseum. Dan yang unik adalah: entahkah karena tidak ada tempat sampah, atau memang para pengunjung lebih suka melemparkan buah mereka ke tengah stadion setiap kali tidak suka dengan pertunjukan yang mereka tonton. Yang jelas itu kebiasaan yang penonton lakukan di Colosseum.
  13. Beberapa pertunjukan dan pertandingan yang diadakan di Colosseum ada yang berlangsung selama 100 hari!
  14. Orang Romawi adalah yang pertama kali memiliki langit-langit berbentuk kubah. Ketika hujan turun, mereka membentangkan kanvas merah di atas Colosseum.  
  15. Pada awal abad pertengahan, Colosseum tidak lagi digunakan untuk tujuan “entertainmen”, melainkan untuk workshop, tempat tinggal, acara keagamaan, benteng, dan bahkan tempat suci agama Kristen.
  16. Setelah sebagian Colosseum hancur karena gempa bumi, beberapa puingnya digunakan untuk membangun Basilika Santo Petrus di Vatikan.
  17. Ray Charles, Paul McCartney, Billy Joel dan Elton John, pernah mengadakan konser di sini.
  18. Colosseum telah menjadi simbol anti hukuman mati. Hukuman mati ditiadakan di Itali sejak 1948. Saat ini, setiap kali setiap orang dibebaskan dari tuntutan hukuman mati, lampu di Colosseum berubah dari putih menjadi berwarna emas. Hal sama akan dilakukan ketika ada undang-undang hukuman mati yang tidak lagi diberlakukan. 

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

Pilgrimage Sites lainnya