home
Pilgrimage Sites

LA PIETA

Patung Maria dengan Yesus di atas pangkuannya (setelah penyaliban) ini sering kita jumpai replikanya. Aslinya saat ini disimpan di dalam Basilika St Petrus di Vatikan di balik kotak kaca anti peluru.

Patung ini dikenal dengan nama Pieta, dengan ukuran asli: 174 cm x 195 cm, dan merupakan salah satu dari masterpiece seniman Renaissance, Michelangelo Buonarroti.

Pieta, yang dibuat dari marmer Carrara  dalam kurun waktu 1 tahun (1498-1499) ini awalnya diperuntukkan sebagai monumen makam kardinal dan ditempatkan di Kapel Santa Petronilla, yang adalah makam Romawi di dekat Basilika St Petrus. Kapel ini dirubuhkan pada saat pembangunan basilika, dan Pieta kemudian dipindahkan ke dalam basilika pada abad ke-18.

Namun dalam proses pemindahannya, patung mengalami kerusakan, khususnya pada 4 jari tangan kiri Maria. Giuseppe Lirioni adalah seniman yang memperbaikinya. Akan tetapi Pieta kembali mengalami kerusakan ketika pada hari raya Pentakosta di tahun 1972, seorang ahli geologi yang mengalami gangguan jiwa, Laszlo Toth, memukul-mukul patung ini dengan palu dan berteriak-teriak mengklaim bahwa dirinya adalah Yesus Kristus. Kepingan patung yang berserakan sebagian berhasil dikumpulkan untuk perbaikan. Tapi sebagian lainnya dari patung ini harus direkonstruksi karena mengalami kerusakan yang serius.

Uniknya, Pieta adalah satu-satunya hasil karya Michelangelo yang ia tanda tangani. Tanda tangannya terlihat seperti tanda tangan seniman Yunani kuno Polykleitos dan Apelles. Banyak orang beranggapan Pieta bukanlah hasil karya Michelangelo. Hal-hal ini akhirnya membuat Michelangelo menyesal, sehingga berjanji untuk tidak lagi menandatangani hasil karyanya.

 

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

 

Pilgrimage Sites lainnya