home
Pilgrimage Sites

Sagrada Família

Gereja sangat megah ini terletak di kota Barcelona, Spanyol dan ditetapkan UNESCO sebagai salah satu World Heritage sejak tahun 2000. Sagrada Familia juga merupakan bangunan yang terkenal sebagai bangunan kontroversial. 

Arsitek yang membangunnya, Antonio Gaudi, telah meninggal pada 1926, di usia 73 tahun. Sekalipun telah menghabiskan sebagian besar masa hidupnya untuk gedung ini, ia baru berhasil menyelesaikan kurang dari 1/4 keseluruhan bangunan.

Sampai saat ini pembangunan masih berjalan dengan sangat lambat dikarenakan minimnya dana karena tergantung dari sumbangan yang diterima, dan sempat terhambat akibat perang saudara di Spanyol. 
Gereja direncanakan selesai pada 2026, yaitu di waktu yang bersamaan dengan peringatan 100 tahun meninggalnya sang arsitek. 

Kontroversi dimulai ketika setelah kematiannya, banyak yang menyarankan untuk tidak membangun Sagrada Familia sesuai desain aslinya. Meskipun demikian, gereja yang ditetapkan Paus Benedict XVI menjadi sebuah Basilika ini memiliki arsitektur yang sangat mengagumkan. 

Berikut beberapa fakta yang mungkin baru kita ketahui tentang Sagrada Familia:

  1. Ruang Kerja Gaudi
    Meskipun Basilika ini masih dalam proses pembangunan, namun didalamnya terdapat beberapa ruang permanen untuk mengenang Gaudi.
  2. Bagian terendah dan tertinggi
    Bagian yang paling menarik adalah ruang tengah dari gereja ini. Akan tetapi, kita juga perlu tahu bahwa kita dapat mencapai bagian terendah, yaitu tempat dimana Gaudi dimakamkan, dan juga bagian tertinggi. Dengan menaiki elevator dan melewati jalan yang sempit, kita bisa mencapai puncak menara dan melihat pemandangan kota Barcelona yang menakjubkan.
  3. Delapan dari 18
    Nantinya, jika telah selesai dibangun, gereja ini akan memiliki 18 menara, dari 8 yang sudah ada. Muncul kontroversi seputar menara yang dibangun akan mewakili siapa. Akan tetapi menara ini sesuai desainnya mewakili 12 rasul, 4 penginjil, Santa Perawan Maria, dan yang tertinggi mewakili Yesus Kristus. Desain yang sudah jadi dipamerkan di dalam museum.
  4. Pepohonan dan Penyu
    Biasanya, di dalam sebuah Katedral memang terdapat pilar-pilar yang menjulang ke atas. Namun, di dalam Sagrada Familia, pilar-pilarnya berubah bentuk sebelum mencapai langit-langit. Awalnya berbentuk segiempat, lalu berubah menjadi segi delapan dan seterusnya sampai menjadi lingkaran.
    Gaudi bermaksud untuk membuat pilar-pilar tersebut menjadi seperti pepohonan dengan rantingnya memenuhi langit-langit.
    Selain itu ada 2 hewan yang memegang 2 pilar, yaitu seekor penyu-mewakili bumi dan seekor kura-kura-mewakili laut.

(Hope Travel Jakarta - Dari berbagai sumber)

 

 

Pilgrimage Sites lainnya