home
Pilgrimage Sites

MENARA PISA

Sesungguhnya Menara Pisa ini adalah menara lonceng sebuah Katedral yang memang didirikan terpisah. Lokasinya ada di kota Pisa, Italia. Sesuai dengan julukannya “Menara Miring Pisa”, konstruksi dari bangunan ini memang miring, dikarenakan dibangun di atas tanah yang lunak sehingga tidak mampu menahan berat bangunan.

Dalam penyelesaian konstruksi bangunan ini selama beberapa dekade, kemiringannya menjadi semakin besar. Namun pada tahun 1990-2001, Menara Pisa telah berhasil direstorasi sebagian.

 

Beberapa fakta menarik mengenai Pisa:

  1. Dalam bahasa Italia, disebut Torre pendente di Pisa.
  2. Menara ini memiliki berat 14.500 ton! Dan diperkirakan memiliki 294 anak tangga di sisi utara dan 296 di sisi selatan menara.
  3. Pembangunannya sendiri membutuhkan 344 tahun, yang dimulai pada Agustus 1173. Pembangunannya sempat terhenti karena perang. Jika saja terus berlanjut, maka hanya membutuhkan waktu 185-195 tahun.
  4. Di dalam Menara Pisa, terdapat 7 lonceng, dimana masing-masingnya mewakili nada dalam tangga nada mayor.
  5. Tidak ada yang bisa menunjukkan, siapa arsitek yang sesungguhnya dari Menara Pisa ini.
  6. Selama masa PD II, Jerman menggunakan Menara Pisa sebagai pos observasi.
  7. Pada 1987, ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu World Heritage, termasuk katedral, makam, dan tempat baptisannya.
  8. Pada 1989, menara lain yang bernama Civic Tower of Pavia runtuh. Kejadian ini menyebabkan renovasi Menara Pisa dipercepat.
  9. Menara Pisa ditutup untuk umum pada 1989-2001, sampai selesai direnovasi. Diperkirakan dapat bertahan sampai 300 tahun ke depan.
  10. Pada 2008, para insinyur menyatakan bahwa Menara Pisa sudah tidak lagi bertambah miring.
  11. Menara Pisa berbentuk melingkar dan terdiri dari 8 lantai. Ketujuh loncengnya terletak di lantai paling atas.
  12. Beberapa orang menyarankan agar Menara Pisa direnovasi sehingga menjadi menara yang tegak. Akan tetapi sebagian berkata, lebih baik runtuh ketimbang melihatnya berdiri tegak, karena tidak akan sesuai lagi dengan julukannya “Menara Miring Pisa”

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

Pilgrimage Sites lainnya