home
Pilgrimage Sites

THE VATICAN CITY

Vatikan adalah negara terkecil di seluruh dunia berdasarkan luas area (kurang dari 1 km2) dan jumlah penduduk. Lokasinya terletak di dalam kota Roma, yang adalah salah satu kota di Negara Italia. Itu sebabnya Vatikan sering juga disebut sebagai “negara di dalam negara”. Unik memang. Tapi, masih banyak keunikan lain di sini. Apa sajakah itu?

 

Ini dia….

  1. Negara ini dipimpin oleh seorang Paus, yang adalah juga Uskup Roma. Jadi bukan dipimpin oleh Raja, Presiden, atau Perdana Menteri seperti negara kebanyakan.
  2. Paus dipilih oleh Dewan Kardinal untuk memerintah Negara Vatikan seumur hidup. Sehingga pemilihan Paus baru dilakukan jika Paus sebelumnya telah meninggal. Anggota dewan Kardinal yang dapat memilih adalah mereka yang berumur di bawah 80 tahun.
  3. Cara pemilihan Paus yang baru cukup unik. Yaitu melalui Dewan Kardinal yang berkumpul dalam ritual pemilihan Paus baru yang disebut Konklaf, dengan cara voting, dalam ruang tertutup di Kapel Sistina. Pintu ruang dikunci dari luar dan para Kardinal di dalam terputus dari segala komunikasi dari luar bahkan tanpa listrik sedikitpun. Gembok pintu akan dibuka setelah ada tanda berupa asap yang keluar jika sudah ada keputusan nama Paus terpilih. 
  4. Adalah seorang Italia bernama Albino Luciani yang terpilih sebagai salah seorang Paus dan menggunakan nama lain Paus Yohanes Paulus I dengan masa pemerintahan tersingkat. Ia memerintah Tahta Suci Vatikan hanya dalam waktu 33 hari saja. Sebelum fajar menyingsing pada 29 September 1978, ia ditemukan meninggal dunia dalam posisi duduk di tempat tidurnya, dalam usia 65 tahun. Kematiannya mengundang kontroversi. Sebagian orang percaya bahwa ia memang meninggal secara wajar karena serangan jantung, sebagian mencurigai ada sesuatu yang ditutupi di balik kematiannya.
  5. Perekonomian negara ini ditunjang dari penjualan perangko, biaya masuk museum, dan pemasukan atas publikasi lain.
  6. Negara ini banyak dikunjungi wisatawan karena di dalamnya terdapat beberapa situs budaya, antara lain: Basilika St Petrus/St Peter’s Basilica, Kapel Sistina/Sistine Chapel, dan Museum Vatikan/Vatican Museums. Situs-situs ini menyimpan sebagian dari lukisan dan patung termashur di seluruh dunia. Salah satunya adalah La Pieta di dalam Basilika St Petrus.
  7. Negara ini hanya dipisahkan dari kota Roma, Italia, oleh tembok dan pagar besi yang sangat rendah. Dan bila kita sudah melihat kemegahan Basilika St Petrus, kita sesungguhnya telah melihat sebuah negara lain, yaitu Vatikan.
  8. Sebagai negara berdaulat, Vatikan juga mempunyai hak untuk mengirim dan menerima diplomat. Kantor kedutaan besar negara-negara untuk Vatikan, berkedudukan atau ‘menumpang’ di kota Roma-Italia karena tidak cukup tempat di Vatikan. Dengan demikian ada sebuah situasi paradoksal di mana Italia mempunyai perwakilan di wilayahnya sendiri. Indonesia juga memiliki perwakilan di Roma untuk Vatikan.
  9. Di samping Basilika St Petrus, kita dapat melihat pria-pria berpakaian unik yang sekilas tampak seperti “Joker” dalam kartu remi. Mereka adalah tentara militer Negara Vatikan, Garda Swiss. Pada 22 Januari 1506 pasukan ini diresmikan oleh Paus Julius II sebagai pengawal tetap kepausan. Mereka terdaftar di dalam daftar tahunan kepausan, Annuario Pontifico. Sebelumnya, para Paus selalu menyewa tentara bayaran dan yang paling sering disewa adalah tentara dari Swiss.
  10. Cara penerimaan anggota baru Garda Swiss adalah berdasarkan persetujuan khusus antara Vatikan dan Negara Swiss, dan terbatas hanya bagi warga negara Swiss laki-laki yang beragama Katolik.

Nah! Bagaimana? Unik bukan? Ini hanya sebagian kecil dari keistimewaan Negara Vatikan. Ingin tahu lebih lanjut? Ikuti Program HOPE Travel dan berkunjung langsung ke Vatikan serta negara-negara Eropa lain yang juga memiliki fakta menarik lainnya! Sampai jumpa! :)

 

(Hope Travel - Dari berbagai sumber)

Pilgrimage Sites lainnya