home
Pilgrimage Sites

GEREJA GANTUNG DI KAIRO

Gereja Ortodoks Koptik Santa Perawan Maria yang juga dikenal sebagai Gereja Gantung adalah salah satu gereja tertua dan bersejarah di Mesir.  Gereja ini merupakan gereja Koptik paling terkenal di Kota Kairo dan dipersembahkan kepada Perawan Maria, sehingga gereja ini dikenal juga sebagai gereja Maria.

Pada bagian depan terdapat mimbar yang ditunjang 13 pilar yang mewakili Yesus bersama 12 murid-Nya. Yang menarik adalah dari ketigabelas pilar tersebut terdapat pilar berwarna hitam yang berarti Yudas Iskariot dan yang abu-abu berarti Tomas. Di dalam gereja terdapat ruangan yang dipersembahkan kepada Perawan Maria, St George dan Yohanes Pembaptis.

Mengapa disebut gereja gantung?

Gereja ini dibangun di atas permukaan tanah yang naik sekitar enam meter, dan ditahan oleh pilar yang kuat sehingga terlihat seperti menggantung. Untuk bisa memasuki gereja ini, harus menaiki 29 anak tangga yang ada. Gereja yang bernama lain Al-Mu’allaqa ini pernah menjadi tempat peradilan para pendeta yang keluar dari ajaran gereja dan menjadi tempat pertemuan-pertemuan penting seluruh gereja Ortodoks di dunia, seperti acara pengukuhan seorang patriark, pemimpin gereja Ortodoks.

Yang menarik dari gereja ini adalah atapnya yang berbentuk seperti Bahtera, menggambarkan gereja sebagai bahtera yang membawa umat manusia kepada keselamatan. Terdapat 110 buah ikon di gereja ini. Pada umumnya ikon-ikon tersebut berasal dari abad ke-18 M, ikon tertua berasal dari abad ke-8 atau mungkin abad ke 5-6 juga ada. Sayangnya demi keamanan peninggalan-peninggalan koptik, banyak artefak-artefak lainnya saat ini disimpan di museum Koptik, dan untuk melihatnya kita harus mengunjungi museum tersebut, termasuk juga tiang yang mewakili Kristus kembali ke Yerusalem yang berasal dari atau 6 abad ke-5.

 

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

Pilgrimage Sites lainnya