home
Pilgrimage Sites

LAUT MATI (DEAD SEA)

Laut mati dikenal sebagai laut asin yaitu sebuah danau garam yang berbatasan dengan Yordania di sebelah timur dan Israel serta Tepi Barat (West Bank) di barat. Ini adalah danau hypersaline yang benar-benar menjadi salah satu tempat yang unik di bumi.

 

Berikut fakta yang ada:

  1. Laut mati memiliki kedalaman 377 m (1.237ft) sehingga membuatnya menjadi danau hypersaline terdalam di dunia. Sebuah danau hypersaline adalah badan air yang terkurung daratan yang mengandung konsentrasi natrium klorida yang signifikan atau garam-garam mineral lainnya dengan tingkat melebihi kadar garam air laut.
  2. Dengan salinitas 33,7%, Laut Mati adalah salah satu obyek dengan kadar garam tertinggi di dunia. Meskipun Danau Assal dan beberapa danau hypersaline dari Lembah Kering McMurdo di Antartika telah melaporkan salinitas yang lebih tinggi.
  3. Laut Mati memiliki konsentrasi garam yang luar biasa tinggi sehingga orang dapat dengan mudah mengapung di sini karena daya apung alami. Dalam hal ini, Laut Mati mirip dengan Great Salt Lake di Utah Amerika Serikat.
  4. Laut Mati kira-kira 8,6 kali lebih asin dari laut. Salinitas tinggi mencegah organisme air makroskopik seperti ikan dan tanaman air untuk hidup di dalamnya, meskipun jumlah yang sangat kecil dari bakteri dan jamur mikroba tetap ada disana.
  5. Laut Mati memiliki panjang sekitar 67 kilometer (42 mil) dan lebar 18 kilometer (11 mil) pada titik terlebar. Itu terletak di Lembah Rift Yordania dan anak sungai utamanya adalah sungai Yordan.
  6. Daerah Laut Mati telah menjadi pusat utama untuk berbagai penelitian kesehatan dan pengobatan untuk beberapa alasan. Kandungan mineral dari air, kandungan yang sangat rendah dari serbuk sari dan allergen lainnya di atmosfer, komponen ultraviolet yang mengurangi radiasi matahari, dan tekanan atmosfer yang lebih tinggi pada kedalaman yang besar, masing-masing memiliki efek kesehatan tertentu.
  7. Menurut Alkitab, Laut Mati adalah tempat perlindungan bagi Raja Daud. Itu adalah salah satu resor pertama di dunia kesehatan (bagi Raja Herodes), dan telah menjadi pemasok berbagai produk dari balsam untuk mumifikasi Mesir hingga garam abu untuk pupuk. Sedangkan beberapa orang islam percaya bahwa laut mati dulunya adalah kota Sodom dan Gomorah yang dihujani batu dan ditunggangbalikkan oleh Tuhan.
  8. Sebuah fitur yang tidak biasa dari Laut Mati adalah pelucutan aspal. Merembes dari kedalaman, Laut Mati terus mengeluarkan substansi hitam dari kerikil kecil hingga blok hitam. Patung-patung terlapisi aspal dan juga tengkorak Neolitikum dari situs arkeologi yang telah ditemukan. Proses Mumifikasi Mesir menggunakan aspal yang diimpor dari Kawasann Laut Mati.
  9. Jalan terendah di dunia, highway 90, membentang di pantai Laut Mati Israel dan Tepi Barat di 393 m (1.289 kaki) di bawah permukaan laut.

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

Pilgrimage Sites lainnya