home
Pilgrimage Sites

PYRAMID GIZA

Adalah salah satu keajaiban dunia yang memang merupakan bangunan spektakuler yang dibangun bangsa Mesir kuno di masa pemerintahan para Firaun. Dalam sejarahnya, Pyramid adalah kuburan para raja-raja Mesir. Jumlah pyramid yang masih ada sekitar 75-80 situs. Sedangkan Sphinx (patung singa berkepala manusia) konon katanya adalah “si penjaga” pyramid tersebut. Berdasarkan bukti dari para arkeolog, Pyramid mulai dibangun pada dinasti kedua dimana sebagian besar tersebar di tepian Sungai Nil bagian barat. Sedangkan Pyramid Giza diperkirakan dibangun pada Dinasti ke-3 dan 4 yang diperuntukkan bagi Firaun, Kheopren dan Menkaru.

 

Fakta mengenai Piramida Besar Giza :

  • Pyramid Giza dibangun oleh 2.500.000 blok batu padat, yang ukurannya selaras dan sempurna.
  • Tiap blok batu tersebut beratnya 2,5-10 ton dan batu-batu tersebut cukup untuk membangun 25 Empire State Building.
  • Awalnya Pyramid Giza ini hanya dilapisi oleh Limestone (batukapur). Menurut Marc Antonius, Pyramid Giza ini dapat dilihat dari jarak 160km dan berkilauan laksana permata.
  • Sekitar 150.000 blok batu diangkut untuk pembangunan kota Kairo pada abad ke-14.
  • Tidak ada Mumi ditemukan di bagian mana pun di ruangan Pyramid Giza.
  • Tidak ada seorang pun yang tahu apa arti sebenarnya dari kata “Pyramid” dan tidak dijumpai satu pun dari rumpun bahasa di dunia yang merupakan akar dari kata “Pyramid”
  • Hampir tidak ada satu pun statemen dari sejarawan awal yang menjadi pegangan bagi kita saat ini tentang Great Pyramid yang bisa dibuktikan kebenarannya.
  • Mereka mengatakan bahwa Pyramid dibangun sebagai kuburan Firaun, namun hingga kini tidak ada satu pun mumi yang ditemukan di Pyramid dan para Firaun biasanya dikubur di Kuil.

 

Apakah Bangsa Mesir Kuno Arsitek sekaligus Kontraktor Pyramid?

  • Penemuan mutakhir menunjukkan bahwa blok-blok batu tersebut dibuat dari konsentrat, uji tes menunjukkan bahwa blok batu pada pyramid memang dibuat dari konsentrat bukan diukir dari batu pegunungan.
  • Pyramid besar dianggap sebagai konstruksi bangunan yang paling penting dalam sejarah bangunan dunia, namun kita tidak menemukan satu pun gambar, lukisan, artifak, list inventory atau catatan pekerjaan membangun pyramid itu atau bahkan cerita mengenai saat pembangunan konstruksi tersebut. Padahal bangsa Mesir kuno meninggalkan kita catatan-catatan maupun dalam bentuk lukisan menceritakan sejarah mesir sejak 4000-an tahun lalu, segala sesuatu mengenai sejarah mereka namun anehnya tidak ada secuil pun catatan informasi mengenai Pyramid Giza.
  • Jika dan hanya jika bukan bangsa Mesir sebagai pembangun Pyramid, lalu siapa? Apakah mungkin bangsa mesir kuno mewarisi Pyramid Giza dari sebuah peradaban yang lebih kuno dan lebih maju namun tersapu oleh banjir besar Nuh? Masih merupakan misteri bagi kita semua.

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

Pilgrimage Sites lainnya