home
Pilgrimage Sites

Kana (Cana), Israel

Kota Kana dikenal sebagai tempat Yesus mengadakan mujizatNya yang pertama, yaitu merubah air menjadi anggur (Yoh 2 : 1-11). Selain itu ada 3 tempat lagi di Galilea yang sama-sama diakui sebagai tempat terjadinya mujizat pertama Yesus. Akan tetapi bukti arkeologis lebih menguatkan kepada tempat Kana di Galilea, karena disini ditemukan sisa bangunan dari Gereja awal.

Di Kana sendiri ada 2 gereja, yaitu Katolik dan Ortodoks. Banyak pasangan dari seluruh dunia datang ke sini untuk saling menerimakan sakramen pernikahan. Gereja Katolik milik para biarawan OFM didirikan di atas reruntuhan sebuah gereja Kuno dari abad IV. Ditemukan sebuah mozaik yang berasal dari abad itu. Pada waktu gereja dibangun, bahan yang masih tersisa dari zaman dulu dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Gereja itu dibuka secara resmi pada tahun 1906. Di dalam gereja ini, di ruangan bawah dapat dilihat tempayan yang bentuknya mirip dengan tempayan semasa kehidupan Yesus. Dinding gereja dihiasi dengan lukisan-lukisan.

Suasana di dalam Gereja Kana terasa sangat syahdu. Dindingnya didominasi warna putih terang, penuh dengan bunga dan hiasan. Di samping kiri gereja terdapat semacam guci atau tempayan khusus untuk penyimpanan anggur sesuai dengan kebiasaan dan tradisi Bangsa Yahudi.

Anggur Kana
Sejak dahulu, daerah Kana memang sangat terkenal dengan hasil gilingan anggur dan produksi anggurnya yang terasa khas dan manis. Anggur Kana ini diekspor ke seluruh dunia. Di depan gereja, terdapat toko suvenir yang menjual barang-barang kudus termasuk secara khusus menjual anggur Kana, anggur pernikahan kudus. Setiap orang yang masuk disuguhi segelas anggur untuk promosi. Selanjutnya pengunjung bisa membeli berbagai macam ukuran anggur Kana dalam kemasan botol untuk kenang-kenangan.

 

HOPE TRAVEL DAPAT MEMBANTU ANDA MENGEMAS PERJALANAN ZIARAH UNTUK KELUARGA/KELOMPOK DOA/PERUSAHAAN, SERTA BAGI PASANGAN YANG RINDU UNTUK MENGADAKAN PEMBERKATAN PERNIKAHAN DI KANA (CANA), ISRAEL.

 

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

Pilgrimage Sites lainnya