home
Pilgrimage Sites

GUNUNG SINAI & NABI MUSA

Gunung Sinai terletak diantara perbatasan Sinai dan Mesir, ketinggian gunung ini mencapai 2.285 meter dari dataran dan berada pada bagian pegunungan di sebelah selatan. Untuk mendaki gunung Sinai ini sampai puncak teratas dapat dilalui dengan berjalan kaki atau dengan naik unta.

Bila berjalan kaki, membutuhkan waktu 4 jam sampai di puncak, sedangkan jika menaiki unta hanya membutuhkan waktu 1,5 jam (tergantung kecepatan unta berjalan).

Keberadaan Gunung Sinai ini tak lepas dari kisah tentang Musa yang diutus Tuhan untuk memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Selama 40 hari Musa berada di gunung itu, Allah memerintahkannya untuk menuliskan 10 Perintah Allah di atas 2 loh batu.

Dia berkata kepada Musa bagaimana Ia menginginkan umat-umatNya untuk hidup. “Dan Tuhan memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu yang ditulisi oleh jari Allah” (Kel 31 : 18)

Sementara Musa berada bersama Tuhan di gunung itu, orang-orang Israel malah melakukan sesuatu yang mengerikan. Mereka meminta Harun, kakak Musa untuk membuatkan sebuah anak lembu emas. Mereka pun menyembahnya sebagai pengganti Tuhan. Melihat patung lembu emas dan orang menari-nari, Musa sangatlah marah. Ia membanting dua loh batu itu ke tanah. Lalu, Musa merusak patung emas itu dan membunuh orang-orang jahat yang menyembah patung itu.

 

(Hop Travel Jakarta - dari berbagai sumber)

Pilgrimage Sites lainnya