home
Pilgrimage Sites

SEJARAH MENGENAI ARC DE TRIOMPHE

Kota Paris tidak hanya terkenal sebagai kota yang romantis, namun juga kaya akan sejarah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan bersejarah, salah satunya adalah Arc de Triomphe.

Arti nama ini adalah “busur kemenangan”. Monumen Arc de Triomphe sendiri dibangun untuk menghormati jasa La Grande Armee atas kemenangannya dalam pertempuran di Austerlitz pada 2 Desember 1805. Dalam proklamasi kemenangan yang dibacakan di depan prajurit, Napoleon menuliskan kalimat dalam bahasa Perancis yang berisikan tentang Napoleon akan membawa para prajuritnya kembali ke Perancis. Sebelum kembali ke keluarga masing-masing, para prajurit akan melintas di bawah lengkungan atau busurkemenangan.

Monumen megah ini mulai dibangun pada tanggal 26 Februari1806 di dekat Bastille. Napoleon sengaja memilih tempat ini dengan maksud agar setelah melewati busur kemenangan, para prajurit bisa langsung menuju ke kawasan Saint Antonie. Oleh sebab itu, terpilihlah kawasan Place de l’Etoile. Karena lokasinya tersebut, bangunan yang telah berusia lebih dari 2 abad ini sering disebut dengan L’Arc de Triomphe de l’Etoile.

Proses pembangunan monument dengan ketinggian 50 M dan panjang 45 M ini sempat terhenti saat kekaisaran Perancis runtuh pada tahun 1814 dan tahun 1826. Pada akhirnya, tahun 1836 monumen Arc de Triomphe ini diresmikan Raja Louis Phillippe.

Sang perancang busur kemenangan, Napoleon, tidak sempat melihat kemegahan idenya karena meninggal pada tahun 1821.

Sampai diresmikan, monument ini telah menghabiskan dana sebesar 9,2juta franc, angka yang sangat besar untuk pembangunan pada saat itu.

Monumen megah ini tidak hanya sekedar bangunan sejarah yang memiliki nilai artistic, namun juga memiliki banyak patung yang menggambarkan peristiwa revolusi dan masa ke kaisaran.

Para pengunjung yang datang kesini dapat melihat symbol patriotic bagi prajurit yang tidak dikenal yang gugur saat Perang Dunia I.

Untuk dapat menikmati keindahan Arc de Triomphe, pengunjung akan dikenai biaya tertentu. Kecuali ia memiliki Pass Education, biaya masuknya pun akan gratis.

Monumen Arc de Triomphe ini dapat dicapai dengan berbagai macam alat transportasi. Kendaraan umum akan berhenti di stasiun Charles de Gaulle Etoile dan dari situ bisa berjalan kaki menujuke monument megah ini.

 

(Hope Travel Jakarta - dari berbagai sumber)

Pilgrimage Sites lainnya