home
Pilgrimage Sites

MAMPIR KE MENARA EIFFEL

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata di Paris yang satu ini. Menara Eiffel atau La Tour Eiffel. Yaitu menara kisi-kisi besi yang menjadi ikon kota Paris sekaligus salah satu landmark paling terkenal di dunia. Berlokasi di taman Champ de Mars, Paris, Perancis, Menara Eiffel yang dibangun pada 1887 sebagai pintu masuk ke pameran dunia untuk merayakan HUT ke-100 Revolusi Perancis pada tahun 1889 ini juga menjadi monumen berbayar terlaris di dunia. Total kunjungan sudah mencapai lebih dari 250 juta orang sejak pertama dibuka pada 31 Maret 1889.

Uniknya, selain bisa naik ke puncak Menara Eiffel, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Perancis dari ketinggian menara.

 

Berikut ini fakta-fakta menarik mengenai Menara Eiffel:

  1. Awalnya, Menara Eiffel adalah murni digagas oleh insinyur senior Maurice Koechlindan Emile Nouguier. Karena Gustav Eiffel semula tidak  tertarik pada proyek tersebut. Namun, ia lalu mengirimkan 2 insinyur ke kepala departemen arsitektur perusahaan, Stephen Sauvestre. Dan oleh bantuan Sauvestre-lah, Eiffel sekarang dikenal sebagai pemilik rencana akhir dan membeli hak patennya.
  2. Pembangunan Menara Eiffel ini melibatkan 300 pekerja serta menggunakan 18.038 potongan besi tempadan 2,5 juta paku keeling dengan ketinggian 984 kaki (300 meter) tanpa antena di puncak atau 1.063 kaki (324 meter) dengan antena.
  3. Menara Eiffel dibangun sebagai symbol dari ilmu pengetahuan modern. Pada waktu menara sedang dibangun dan teknologi sedang dalam fase pertumbuhan.
  4. Pada masa pembangunan, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di dunia. Hingga pada akhirnya pada tahun 1930, Chrysler Building setinggi 1046 kaki dibangun di New York.
  5. Warga Paris awalnya membenci Menara Eiffel yang dinilai telah merusak pemandangan. Sejumlah seniman juga menolaknya.
  6. Sebelumnya, Menara Eiffel dirancang sebagai bangunan yang bersifat sementara, yang bisa dibongkar setelah 20 tahun. Akan tetapi militer Perancis dan pemerintah mulai menggunakannya sebagai transmisi system komunikasi radio dan telekomunikasi. Ketika ijin berakhir pada 1909, Pemerintah Kota Paris memutuskan memperbarui konsesi.
  7. Menara Eiffel cukup lama menggunakan energy baterai. Mentransmisikan signal radio selama Perang Dunia I dan II. Kabel lift sempat dipotong, sehingga Nazi tidak bisa menggunakan menara (setelah pasukan sekutu memasuki kota).
  8. Setiap tujuh tahun sekali, 50-60 ton cat dipakai untuk melindungi menara dari karat.

(Hope Travel Jakarta-dari berbagai sumber)

Pilgrimage Sites lainnya