home
Pilgrimage Sites

Apa Itu Kereta TGV?

TGV (dalam bahasa Perancis: Train à Grande Vitesse, "high-speed train") adalah kereta berkecepatan tinggi yang dioperasikan oleh SNCF (Société nationale des chemins de fer français; "National society of French railways" atau "French National Railway Company"), sebuah perusahaan transportasi rel jarak jauh di Paris, Perancis.

TGV mulai dioperasikan pada 1970 oleh GEC-Alsthom (sekarang menjadi Alstom) dan SNCF. Dan awalnya didesain menjadi kereta turbo yang digerakkan oleh turbin gas, namun berubah menjadi kereta listrik sejak terjadinya krisis minyak pada 1973.

Pada 3 April 2007, melalui sebuah tes kecepatan, TGV menjadi kereta tercepat, dengan rekornya yang mencapai 574,8 km/jam.

Sistem TGV ini mulai berekspansi ke negara-negara tetangga, baik secara langsung (Swiss dan Italia) atau berjejaring dengan jalur yang menghubungkan Perancis ke Belgia, Jerman, Belanda (Thalys) dan Inggris (Eurostar). Beberapa jalur yang baru sedang direncanakan, termasuk jalur di dalam Perancis dan ke negara-negara sekelilingnya. Kota-kota seperti Tours, telah menjadi bagian dari TGV Paris. 

 

(HOPE TRAVEL JAKARTA - DARI BERBAGAI SUMBER)

Pilgrimage Sites lainnya