home
Pilgrimage Sites

SEJARAH KOTA ROMA

Roma adalah kota terbesar di Negara Italia dengan Romulus dan Remus yang adalah dua bersaudara dalam mitologi Romawi diyakini sebagai pendiri kota Roma.

Nama Roma sendiri diambil dari Romulus yang dikemudian hari lebih dominan dibanding Remus.

Para sejarawan percaya bahwa Romulus dan Remus mungkin merupakan tokoh nyata meskipun kemudian kisahnya dibesar-besarkan.

Hanya sedikit catatan sejarah mengenai kerajaan Romawi. Asal-usul Romawi kebanyakan berasal dari mitologi/mitostapi diperkirakan terbentuk sekitar tahun 750SM. Mitos paling terkenal tentang berdirinya kerajaan Romawi adalah Remus dan Romulus. 

 

Romulus dan Remus

Raja Numitor dari Alba Longa dibuang oleh adiknya Amulius. Agar tidak ada penerus tahtanya, Amulius membunuh anak laki-lakinya dan memaksa anak perempuannya, Rhea Silva agar tetap perawan (supaya gak ada keturunan). Tapi kemudian dewa Mars terpesona dengan kecantikan Rhea Silva, kemudian lahirlah kembar dari Mars dan Rhea Silva yang bernama Remus dan Romulus.

                Mendengar berita itu, Amulius marah dan membuang Rhea Silva beserta anak-anaknya ke sungai Tiber. Rhea Silva kemudian diselamatkan oleh dewa sungai. Tapi anak-anaknya tersangkut di batang pohon. Lalu di dekat situ ada seekor serigala betina yang kemudian menyusui mereka sampai seorang gembala menemukan Remus dan Remulus.

Setelah Remus dan Romulus beranjak dewasa, mereka mengetahui bahwa mereka adalah keturunan Raja!. Mereka pun kembali ke Alba Longa dan membunuh Amulius. Kemudian mereka berdua mengembalikan tahta kerajaan ke Numitor.

                Mereka berdua memutuskan untuk membangun sebuah kota dekat tempat mereka tersangkut di pohon ketika masih kecil. Tapi mereka berdua bertengkar tentang bukit yang tepat untuk membangun sebuah kota. Romulus memilih Palatine Hill, dan Remus memilih bukit lain (kemungkinan bukit Aventine). Lalu mereka menunggu petunjuk dewa di bukit pilihan masing-masing. Remus melihat 6 burung, sedangkan Romulus melihat 12 burung. Jadi diputuskan bahwa Romulus lah yang benar, kemudian pengikut Romulus pun membuat kota di bukit Palatine, sedang Remus dengan pengikutnya membuat kotanya sendiri.

Romulus membuat pembatas daerahnya dengan tanah yang dibajak dengan banteng putih dan sapi putih. Tapi kemudian Remus dengan sengaja atau tidak sengaja melewati batas daerah Romulus.Itu merupakan pertanda buruk bahwa pertahanan kota mudah ditembus. Kemudian Remus pun dibunuh oleh Romulus sendiri atau salah satu suruhannya. Kota Romulus inilah yang akan menjadi kota Roma dan Kerajaan Romawi.

 

Lahirnya Kota Roma

Kelahiran Roma, entahkah berdasarkan legenda atau sejarah adalah di antara tahun 753 SM sampai abad ke-9. Ketika Roma pertama kali didirikan, bahasa utamanya adalah Etruscan karena populasi utamanya adalah Bangsa Etruscans.

                Pada tahun 500 SM, Kekaisaran Romawi mulai terwujud setelah kekuasaan berhasil diambil alih dari Bangsa Etruscans. Dan pada tahun 44 SM, Kaisar Agustus mendirikan Kekaisaran Romawi dan menjadikannya kota terbesar di dunia. Akan tetapi kebakaran besar yang terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Nero pada tahun 64 SM telah mengakhiri kekuasaan Kekaisaran Romawi, dan menjadi awal terbentuknya Roma baru.

                Selama akhir abad pertengahan, Agama Katolik mulai menguat dan Paus mendirikan rumahnya di sini, yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Kota Vatikan.

(HOPE TRAVEL JAKARTA)

Pilgrimage Sites lainnya