home
Pilgrimage Sites

KEUKENHOF DAN SEJARAHNYA

Keukenhof, artinya Kitchen Garden, atau Dapur Taman. Keukenhof juga dikenal sebagai Garden of Europe atau Tamannya Eropa. Berlokasi di sebuah kota kecil di Negeri Belanda bagian Selatan, Lisse, taman bunga ini diperkirakan memiliki sekitar 7 juta kuntum bunga dalam berbagai jenis yang ditanam setiap tahunnya. Area taman sendiri sangat luas, mencapai 32 hektar.

Biasanya taman ini hanya dibuka pada pertengahan Maret sampai pertengahan Mei (tanggalnya bisa berubah-ubah tergantung musim bunga mulai mekar. Info tanggal buka bisa dilihat pada website keukenhof.nl). Waktu terbaik untuk berkunjung jika ingin melihat kecantikan bunga Tulip, adalah sekitar pertengahan April, tergantung cuaca.

Pada abad ke-15, Keukenhof berada di area perburuan sekaligus tempat tumbuhnya sayuran untuk Jacquelline, bangsawan di Kastil Hainaut. Lalu para pedagang kaya mengambil alih tanah tersebut ketika sang bangsawan meninggal. Kapten VOC dan Gubernur Adriaen Maertensz Block pernah tinggal di sini selama masa pensiun pada abad 17, di dalam sebuah rumah, yang sekarang dikenal sebagai Castle Keukenhof, yang dibangun pada 1641.

Dan pada abad 19, Tuan Tanah dan Nyonya Van Pallandt memerintahkan arsitek lansekap bernama Jan David Zocher dan putranya Louis Paul Zocher, yang juga pernah mengerjakan  The Vondelpark, untuk mendesain tanah di sekitar kastil.

Taman Keukenhof didirikan pada 1949 oleh walikota Lisse. Dengan tujuan untuk memamerkan tanaman para petani bunga dari seluruh Belanda dan Eropa, serta membantu industry ekspor Negeri Belanda, yang sekarang menjadi salah satu dari eksportir bunga terbesar di dunia.

(HOPE TRAVEL JAKARTA – dari berbagai sumber)

Pilgrimage Sites lainnya