home
Pilgrimage Sites

10 Tujuan Ziarah Paling Banyak Dikunjungi di Eropa

Tiap tahun, jutaan orang mengunjungi Vatikan. Namun Roma, bukanlah satu-satunya tujuan ziarah Umat Katolik. Berikut ini 10 tempat ziarah yang juga banyak dikunjungi oleh para peziarah seluruh dunia, yaitu:

Fatima, Portugal

Kapel Penampakan/Chapel of the Apparitions, didirikan tepat di lokasi penampakan Maria kepada 3 orang anak kecil, Jacinta, Lucia dan Francisco, pada tahun 1917. Sejak itulah setiap tahun pada saat perayaan atas penampakan yaitu tanggal 13 Mei – 13 Oktober, jalanan di kota Fatima, Portugal dipenuhi oleh para peziarah yang melangkahkan kaki menuju Basilica of Our Lady of Fatima. Di sini juga terdapat pecahan Tembok Berlin, sumbangan Pemerintah Jerman karena pada penampakan Maria di Fatima, terdapat pesan perdamaian, yang salah satunya adalah nubuatan bahwa akan terjadi persatuan antara Jerman Barat dan Jerman Timur.

Camino de Santiago, Spanyol (Way of St James)

Salah satu rute ziarah tertua di dunia adalah melewati Spanyol utara, dan berhenti di Katedral Santiago de Compostela. Di sinilah terletak makam St. Yakobus, setelah jenazahnya dibawa dari Yerusalem ke Spanyol menggunakan perahu.

Lourdes, Perancis

Tempat ziarah terbesar di Perancis adalah Lourdes, yang dikunjungi kurang lebih 5 juta peziarah setiap tahunnya. Di sini pernah terjadi penampakan Our Lady of Lourdes dan manjadi tempat terjadinya banyak mujizat kesembuhan.

Armagh, Irlandia Utara

Pada saat kekristenan menyebar ke daerah ini pada tahun 400-an, St Patrick mendirikan sebuah gereja sehingga Armagh menjadi kota Kristen. Ia membuat ketetapan agar hanya orang-orang berpendidikan sajalah yang boleh menyebarkan Injil. Ini mengakibatkan banyak institusi pendidikan didirikan.

Yang banyak dikunjungi di sini adalah Katedral Katolik Roma St. Patrick, dan Katedral Anglikan St Patrick.

Einsiedeln, Swiss

Berkat Benedictine Abbey, salah satu tempat ziarah di Swiss, sebanyak lebih dari 100 ribu peziarah berkunjung ke sini untuk melihat Black Madonna di dalam gereja bergaya Barok di sini. Selain itu di sini juga terdapat Diorama Bethlehem, yang adalah diorama terbesar dengan menampilkan 450 figur. Serta lukisan raksasa Panorama Crucifixion of Christ.

Altotting, Jerman

Lebih dari 1 juta peziarah mengunjungi Chapel of Grace, yang didirikan sekitar tahun 700 dengan Black Madonna-nya.

Sejarah mencatat bahwa jaman dahulu, pada tahun 1489, seorang anak kecil tenggelam di sungai. Ibunya lalu meletakkan tubuhnya di kaki patung Black Madonna. Secara ajaib anaknya kembali hidup. Beritanya pun tersebar dengan cepat ke seluruh pelosok negeri.

Luther Country, Jerman

Martin Luther terkenal dengan sejarah Reformasi Protestan. Peziarah dapat napak tilas kehidupannya di Negara bagian Saxony-Anhalt dan Thuringia. Tempat Reformasi berlokasi di Eisenach, Erfurt, Lutherstadt Eisleben dan Lutherstadt Wittenberg. Luther menghabiskan sebagian besar hidupnya di Wittenberg, dimana terdapat Schlosskirche (Castle Church). Di sinilah pada 1517 ia memakukan  95 permohonan reformasi pada pintu gereja ini. Ia sendiri dikuburkan di bawah mimbar di dalam gereja ini.

Czestochowa, Polandia

Polandia punya sejarah kekristenan berusia lebih dari 1000 tahun, dimana selama itu pula kota ini mengalami pendudukan musuh. Gereja dengan Black Madonna di Biara Jasna Gora menarik lebih dari 4 juta pengunjung per tahun melambangkan ketetapan hati orang Polandia untuk menjagai warisan mereka. Lukisan Black Madonna pernah mengeluarkan darah ketika diserang menggunakan pedang pada saat terjadi serangan seorang Hussite di tahun 1430.

Medjugorje, Bosnia dan Herzegovina

Maria telah menampakkan diri sejak 1981 kepada enam orang anak kecil dan menjadikan kota ini terkenal sebagai tujuan ziarah dan menarik sekitar 1 juta orang setiap tahunnya. Beberapa peziarah pernah menyaksikan penglihatan di awan berupa hati dan salib di sekeliling matahari. Daerah ini mengalami peningkatan drastic dalam segi ekonomi karena kedatangan para peziarah.

Assisi, Italia

Kota ini lebih dikenal sebagai tempat kelahiran St Fransiskus. Pengaruhnya diabadikan di dalam Basilika St Fransiskus dari Assisi, yang menjadi salah satu Warisan Dunia. Gereja ini adalah 1 dari 8 gereja bersejarah di kota yang sama. Dua kastil yang dibangun pada Abad Pertengahan mendominasi Assisi.

(HOPE TRAVEL JAKARTA – berbagai sumber)

Pilgrimage Sites lainnya