home
Pilgrimage Sites

Holy Sepulchre

Yang dikenal sebagai Church of the Resurrection atau Gereja Kebangkitan (Anastasis) bagi orang Kristen Ortodoks Timur, adalah sebuah gereja di kota tua Yerusalem, sekaligus merupakan situs Kristen paling suci di dunia.

Gereja ini dipercaya berlokasi di Golgota atau Kalvari, tempat Yesus disalib, dan di dalamnya terdapat kubur Yesus yang sekaligus menjadi tempat IA dibangkitkan.  

Di dalam gereja ini ada 4 stasi terakhir dari Jalan Salib yang berawal dari Via Dolorosa.

Gereja ini menjadi tujuan ziarah penting sejak abad ke-4.

Sejarah dari gereja ini cukup panjang dan diisi dengan pendudukan demi pendudukan, serta kehancuran dan perbaikan berkali-kali. Sehingga seperti yang dapat kita lihat hari ini, gereja Holy Sepulchre memiliki gaya campuran antara jaman Bizantin, abad pertengahan, masa Perang Salib, dan modern bergabung jadi satu akibat setiap kelompok Kristen yang berkuasa pada jamannya telah mendekorasi tempat suci ini sesuai caranya masing-masing.

 

Umat Kristiani mungkin akan kecewa ketika melihat kondisi fisik gereja yang disebut sebagai “tempat paling suci” ini, akan tetapi, latar belakang sejarah dan nilai relijiusnya dapat menjadikan kunjungan ziarah ke tempat ini menjadi bermakna.

Hari ini, komplek yang semakin besar di sekeliling gereja ini juga berfungsi sebagai kantor pusat Yunani Ortodoks di Yerusalem. Sementara itu, gereja ini diawasi oleh beberapa denominasi Kristen serta organisasi sekuler, di antaranya Ortodoks Yunani, Armenia dan Katolik Roma, lalu Copt Mesir, Ortodoks Syriac dan Ethiopia.

Sementara itu, denominasi Protestan, termasuk Anglikan lebih memilih Garden Tomb sebagai tempat yang sesungguhnya dimana Yesus disalib dan dibangkitkan.

HOPE Travel-Berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya