home
Pilgrimage Sites

Saint Tropez

Adalah sebuah kota yang berjarak kurang lebih 100 km sebelah barat kota Nice, di Perancis bagian tenggara. Dengan demikian lokasi kota ini juga berada di French Riviera/pesisir Perancis.

Kota ini mendapatkan namanya dari seorang martir legendaries bernama Saint Torpes. Kepalanya dipotong di kota Pisa pada masa pemerintahan Nero, dan tubuhnya diletakkan di dalam sebuah kapal rusak bersamaan dengan seekor ayam jantan dan seekor anjing. Tubuhnya lalu terdampar di kota Saint Tropez.

Pada bulan September 1615, kota ini dikunjungi oleh sebuah kelompok ekspedisi Samurai Jepang pimpinan Hasekura Tsunenaga yang sebetulnya ingin menuju ke Roma, namun karena cuaca, terpaksa merapat di St Tropez. Peristiwa ini dipercaya sebagai cikal bakal hubungan antara masyarat Perancis dengan masyarakat Jepang.

Dahulunya, kota ini menjadi benteng pertahanan dan desa nelayan sampai awal abad ke-20. Kota ini merupakan kota pertama di pesisir yang dibebaskan pada saat Perang Dunia ke-2 (bagian dari Operasi Dragoon).

Setelah perang usai, Saint-Tropez menjadi sebuah resor tepi pantai yang dikenal dunia internasional, terutama karena masuknya para seniman French New Wave di dunia perfilman serta gerakan Ye-Ye dalam dunia musik. Kota ini juga kemudian menjadi tempat berlibur kaum jetset Eropa dan Amerika serta tujuan para turis.

HOPE Travel-berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya