home
Pilgrimage Sites

Monaco

Adalah sebuah Negara bersistem Monarki/Kerajaan yang berlokasi di French Riviera Eropa Barat, dan dikepalai oleh Pangeran Albert II.

Kerajaan Grimaldi telah berkuasa atas Monaco sejak tahun 1297. Bahasa utama yang digunakan oleh negara ini adalah Bahasa Perancis, selain Monegasque, Italia dan Inggris yang juga dipergunakan dan dimengerti oleh penduduknya.

Kekuasaan negara ini diakui secara resmi melalui Perjanjian Franco-Monegasque pada tahun 1861, serta menjadi anggota PBB sejak 1993.

Walaupun memiliki independensi dan kebijakan luar negeri sendiri, pertahanan Negara Monaco menjadi tanggung jawab Perancis. Namun meskipun demikian, Monaco juga memiliki 2 unit militer dalam jumlah kecil.

Monaco memang tidak secara resmi menjadi bagian dari Uni Eropa, namun berpartisipasi dalam beberapa kebijakan Uni Eropa, termasuk bea cukai dan peraturan perbatasan.

Melalui hubungan bilateralnya dengan Perancis, Monaco menggunakan mata uang Euro (sebelumnya menggunakan Monegasque Franc).

Monaco bergabung dengan Mahkamah Eropa pada 2004, yaitu anggota dari OIF-Organisation Internationale de la Francophonie.

Monaco berbatasan dengan Perancis dalam 3 sisi dan sisi lainnya dibatasi Laut Mediterania. Luas Negara ini adalah 2,02 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 37.800 orang, menjadikan Monaco salah satu Negara terkecil tapi sekaligus terpadat di seluruh dunia. Setelah mengadakan reklamasi, tanah di Monaco menjadi lebih luas sekitar 20%. Monaco memiliki perbatasan tanah seluas 4,4 km dan pantai 4,1 km, dengan lebar bervariasi antara 1.700 dan 349 m. Area tertinggi di Negara ini dinamai Chemin des Revoires di kaki gunung Agel, yang berada 161 meter di atas permukaan laut.

Kota yang paling banyak dihuni adalah Monte Carlo.

 

KONDISI PEREKONOMIAN MONACO

Meskipun kecil, Monaco menjadi Negara yang sangat tua sekaligus dikenal di dunia terutama karena menjadi tempat berkumpulnya para jutawan yang menjadi daya tarik bagi para turis sekaligus menjadi mesin penggerak perekonomian di wilayah Mediterania.

Tercatat pada tahun 2014, 30% penduduk Monaco terdiri dari para milioner, seperti kota Zurich dan Geneva.

Pertumbuhan ekonominya terpacu pada akhir abad ke-19 dengan dibukanya Casino Monte Carlo dan kereta api yang terhubung ke Paris. Sejak saat itulah iklim Monaco yang bersahabat, pemandangannya yang menakjubkan serta fasilitas perjudian berskala besar telah menjadikan status kerajaan Monaco sebuah tujuan wisata yang utama dan pusat rekreasi bagi orang kaya dan terkenal.

Negara ini tidak menarik pajak penghasilan, memiliki pajak usaha yang rendah dan terkenal karena menjadi tempat perlindungan bagi para wajib pajak.

Monaco juga seperti yang kita ketahui telah menjadi tuan rumah dari balap motor tahunan Monaco Grand Prix, satu dari antara Formula Satu Grand Prix yang original.

Pada tahun-tahun belakangan, Monaco menjadi sebuah pusat perbankan utama dan berhasil mendiversifikasi perekonomiannya ke dalam industri-industri kecil, bernilai tambah tinggi dan tanpa polusi.

 

HOPE Travel-berbagai sumber

 

 

Pilgrimage Sites lainnya