home
Pilgrimage Sites

Annunciation Church (Gereja Kabar Baik)

Adalah sebuah gereja yang berada di kota Nazareth, sebelah utara Israel. Dikenal juga sebagai Basilica of the Annunciation. Gereja ini diketemukan bersamaan dengan ditemukannya Church of the Nativity (tempat kelahiran Yesus) dan  Church of the Holy Sepulchre (makam Yesus).

Gereja ini didirikan di lokasi, yang menurut tradisi Katolik Roma, dimana kabar baik diberitakan.

Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau." Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.  (Lukas 1:26-31)

Pada tahun 1877, gereja ini diperbesar, lalu dihancurkan pada 1954 untuk kemudian didirikan basilika baru yang selesai pada tahun 1969. Basilika ini didesain oleh arsitek Italia bernama Giovanni Muzio, dan dibangun oleh sebuah perusahaan konstruksi di Israel bernama Solel Boneh selama 1960-1969.

Gereja yang digunakan oleh paroki Latin ini sekarang berada di bawah Ordo Fransiskan. Dan menjadi gereja Kristen terbesar di Timur Tengah, serta didedikasikan untuk Paus Paulus VI pada 1964.

Sekarang gereja ini merupakan bangunan 2 lantai yang didirikan pada tahun 1969, di antara era Bizantinum dan Perang Salib.

Di bagian dalam lantai bawahnya, terdapat Gua Kabar Baik/Grotto of the Annunciation, yang dipercaya oleh umat Kristiani sebagai sisa-sisa reruntuhan rumah masa kecil Maria.

Gereja modern Annunciation beratapkan kubah beton berbentuk unik setinggi 55 meter, seperti bentuk bunga lili, sebagai symbol dari Santa Perawan Maria.

Bagian gereja lantai atas yang luas, didekor dengan mozaik-mozaik Maria yang didapatkan dari donasi beberapa komunitas dari seluruh dunia.

Bagian bawah gereja dipusatkan di Gua/Grotto, dimana malaikat pada waktu itu mengumumkan kabar baik kepada Maria. Di bagian bawah ini juga dapat terlihat beberapa reruntuhan gereja terdahulu dari jaman Bizantinum dan Perang Salib.

Di bawah kanonisasi Katolik Roma, gereja ini diberi status minor basilica/Basilika Minor.

HOPE Travel – berbagai sumber

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilgrimage Sites lainnya