home
Pilgrimage Sites

Jorge Mario Bergoglio (Paus Fransiskus)

Adalah nama asli dari Paus Fransiskus (Pope Francis). Jorge Mario Bergoglio terlahir di Piemonte, sebuah wilayah di utara Italia, tepatnya di Bricco Marmorito, bagian dari kota Asti, sebagai anak pertama dari lima bersaudara. Ayahnya bernama Mario Jose Bergoglio, seorang pegawai kereta api dan ibunya Regina Sivori, seorang ibu rumah tangga berdarah Piemonte dan Genoa.

Ketika dewasa ia belajar teknik kimia dan berhasil menjadi sarjana, namun kemudian memilih menjadi imam dan masuk Seminari Villa Devoto. Pada 11 Maret 1958, ia pindah ke Novisiat Company of Jesus setelah menyelesaikan studi humanitas di Chile. Pada 1963, ia meraih gelar sarjana filosofi di Seminari Tinggi St Yosef San Miguel.

Ia pernah mengajar teologi, menjadi provincial Jesuit Argentina (1973-1979), menerima tahbisan uskup di Katedral Buenos Aires (27 Juni 1992), menjadi Uskup Agung (3 Juni 1997), Presiden Konferensi Para Uskup Argentina (8 November 2005-2011), diangkat sebagai kardinal oleh Beato Yohanes Paulus II (21 Februari 2001), sampai akhirnya dipilih oleh para kardinal di Roma pada konklaf 2013 sebagai Paus Gereja Katolik (13 Maret 2013) dan menjadi Paus pertama dari ordo Jesuit dari kawasan di luar Eropa.

Nama Fransiskus merujuk kepada Santo Fransiskus dari Assisi.

Paus Fransiskus dikenal sebagai sosok konservatif, yang menentang praktik aborsi dan homoseksualitas, sekaligus juga sosok yang memiliki kepedulian sosial.

 

HOPE Travel - berbagai sumber

 

 

Pilgrimage Sites lainnya