home
Pilgrimage Sites

Walking the Camino - Santiago de Compostela

Di Santiago de Compostela, Spanyol, ada sebuah tradisi ziarah yaitu berjalan kaki minimal sejauh 100 km dari beberapa kota sesuai rute resmi yang ditetapkan sampai mencapai katedral Santiago de Compostela, di kota yang sama.

Untuk mengikuti perjalanan ziarah ini, setiap peziarah diharuskan memiliki sebuah dokumen yang disebut “credensial” atau paspornya peziarah.


Credensial ini dapat dibeli seharga beberapa euro dari agen tur Spanyol, gereja atau rumah paroki sepanjang rute perjalanan, sebuah “refugio” (tempat penampungan), atau gereja di luar Spanyol melalui Organisasi St Yakobus di negara tersebut.

Credensial ini berfungsi sebagai akses bagi para peziarah untuk dapat menginap di tempat-tempat penampungan sepanjang rute perjalanan sampai ke Santiago de Compostela dengan biaya minim atau bahkan gratis.

Credensial yang dikenal juga dengan sebutan “paspornya peziarah” ini distempel oleh organisasi resmi St Yakobus di setiap kota dimana peziarah pernah tinggal/menginap. Sehingga dapat menjadi catatan dimana saja mereka menginap/makan, dan menjadi bukti untuk kantor peziarah di Santiago bahwa para peziarah tersebut telah menyelesaikan perjalanan sesuai rute resmi sehingga mereka layak untuk menerima sebuah “compostela” (sertifikat penggenapan ziarah).

Seringkali, stempel tersebut bisa didapatkan dari tempat penampungan, katedral, atau gereja lokal. Jika gereja tutup, kantor turis atau walikota bisa memberikan cap yang sama, termasuk juga hostel atau alamat-alamat organisasi St Yakobus, serta rumah-rumah makan kecil dan kafe-kafe sepanjang Camino.

Di luar Spanyol, stempel bisa menjadi “media” pertemuan dimana pemberi stempel dan peziarah dapat berbagi informasi. Dalam perjalanan mendekati Santiago, di kota-kota kecil, peziarah bisa mendapatkan stempel secara “self-service”, karena jumlah peziarah yang terlalu banyak. Kalau di kota yang lebih besar, ada beberapa cara untuk mendapatkan stempel.

Compostela
Adalah sebuah sertifikat pencapaian, yang diberikan kepada peziarah yang sudah menyelesaikan semua rute.


Untuk mendapatkannya, seorang peziarah harus berjalan kaki minimum 100 km atau berputar sejauh 200 km. Dalam praktiknya, titik awal untuk memulai perjalanan yang paling nyaman adalah dari Sarria, karena memiliki bis dan kereta yang menghubungkan tempat lain di Spanyol.

Peziarah yang tiba di Santiago de Compostela yang telah berjalan kaki sedikitnya 100 km atau berputar sejauh 200 km, dan menyatakan bahwa motivasi mereka melakukan itu setidaknya adalah motivasi relijius, layak mendapatkan Compostela dari Kantor Peziarah di Santiago. Di kantor yang sama, credensial-nya akan diperiksa, capnya dan tanggal-tanggalnya.

Motivasi yang diinformasikan oleh peziarah bisa terdiri dari 3: “relijius”, “relijius dan lain-lain”, atau “lain-lain”. Untuk dua movitasi pertama, akan mendapatkan Compostela, sedangkan untuk alasan terakhir akan menerima sertifikat yang lebih sederhana dalam Bahasa Spanyol.

HOPE Travel – berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya