home
Pilgrimage Sites

SANTO PEREGRINUS (pelindung penderita kanker)

RIWAYAT SANTO PEREGRINUS

stperegrine_thPeregrinus Laciosi (1265-1345) lahir di Forli, Italy. Ia terlahir dari keluarga yang kaya. Ketika remaja, ia bergabung bersama kelompok yang membenci dan ikut menjadi musuh Paus di kotanya hingga ia menjadi pemimpin dari perusuh tersebut.

Paus Martinus IV pada saat itu mengirim utusan yaitu Philip Benizi (Santo Philip). Philip Benizi diutus untuk meredakan kelompok perusuh dan mewartakan kabar sukacita di kota Forli. Philip mewartakan kabar sukacita dengan penuh semangat. Pada awalnya umat yang ada di sana mendengarkan dengan baik, namun datanglah Peregrinus dan kelompoknya. Mereka menarik Philip memukulnya dan mentertawakan. Philip yang ditampar malah memberikan pipinya yang lain dan memaafkan mereka. Melihat ekspresi Philip, tergeraklah nurani Peregrinus. 

Peregrinus kembali bertemu Philip dan meminta maaf.  Peregrine kemudian bertobat dan dia lebih banyak waktu dalam berdoa. Oleh Bunda Maria ia diarahkan untuk pergi ke Siena. Di sana Peregrinus bergabung dengan Pelayan Maria atau Servites. Santo Philip menerimanya dan di sana Peregrinus melakukan silih atas perbuatan dan dosa-dosanya.

Ia memutuskan untuk berdiri, Perigrinus dikatakan tidak duduk selama tiga puluh tahun. Oleh karena itu ia menderita varises dan kanker pada kakinya. Oleh dokter, kaki Peregrinus ingin diamputasi, tetapi malam sebelum operasi dijadwalkan berlangsung Peregrine menyeret dirinya ke kaki salib dan menghabiskan banyak waktu dalam doa. Ketika ia jatuh tertidur ia menerima penglihatan tentang Kristus menyentuh kakinya. Di pagi hari kakinya benar-benar sembuh. Karena itu dia dianggap sebagai santo pelindung mereka yang menderita kanker.

Gereja Katolik mengkanonisasi St. Peregrine pada tahun 1726. Sekarang kita merayakan pestanya Santo Pellegrino / Peregrine setiap tanggal 1 Mei.

 

NOVENA KEPADA SANTO PEREGRINUS

Santo Peregrinus, pembuat keajaiban yang mulia, engkau menjawab panggilan Ilahi dengan satu semangat menolak semua bentuk kesenangan hidup dan semua kehormatan duniawi yang hampa, guna mengabdikan dirimu kepada Allah.

 

Engkau bekerja dengan semangat dan tanpa kenal lelah bagi keselamatan jiwa-jiwa. Dalam kesatuan dengan Yesus yang tersalib, engkau dengan sabar menanggung penderitaan yang sangat menyakitkan.

 

Dalam kesabaranmu yang luar biasa itu engkau disembuhkan secara ajaib dari kanker pada kakimu dengan sentuhan tangan ilahi Yesus sendiri.

 

Aku berdoa kepadamu, perolehlah bagiku rahmat untuk menanggapi setiap panggilan Allah. Bangkitkan dalam hatiku semangat haus akan keselamatan jiwa-jiwa

 

Bebaskanlah aku dari kelemahan-kelemahan yang begitu sering menyakitkan tubuhku yang lemah. Dan perolehlah bagiku rahmat kesediaan menerima penderitaan-penderitaan yang dikehendaki Allah bagiku.

 

Semoga aku, dengan meneladani keutamaan-keutamaanmu dan mencintai Tuhan yang tersalib dan BundaNya yang berdukacita mendapat kemuliaan kekal di surga. Amin.

 

DOA PENUTUP SANTO PEREGRINUS

Ya Allah, kasihanilah dan dengarkanlah doa-doa yang aku panjatkan kepadaMu dalam penghormatan kepada Santo Peregrinus, hambaMu yang terkasih.

Semoga aku, yang tidak tergantung pada jasa-jasaku sendiri, mendapat bantuan dalam kebutuhan-kebutuhanku melalui perantaraan Santo Peregrinus yang hidupnya berkenan padaMu. Dengan perantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

DOA MELALUI SANTO PEREGRINUS

Santo Peregrinus yang mulia engkau disebut sebagai “Yang mempunyai Kuasa”, ” Pembuat Mukjizat”. Banyak mukjizat  yang telah engkau peroleh dari Allah bagi mereka yang meminta pertolongan dan perantaraanmu.

Engkau sendiri telah bertahun-tahun menyandang penyakit kanker dalam dirimu, penyakit yang menggerogoti badan. Kepada Allah, Sumber Segala Kuasa, dan melalui engkau kami memohon perlindungan ketika segala kuasa manusia tidak lagi bermanfaat.
Engkau yang diberi penglihatan tentang Yesus yang turun dari Kayu Salib untuk menyembuhkan penyakitmu, mintalah dari Allah dan Bunda Maria, kesembuhan bagi mereka yang kusebut dan kupercayakan kepada dirimu:
(hening sejenak dan sebutkan nama-nama orang yang didoakan)
Melalui perantaraan  dan pertolonganmu, kami akan melambungkan nyanyian pujian bagi Allah, sekarang dan untuk selama-lamanya. Amin.

 

HOPE Travel-dari berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya