home
Pilgrimage Sites

Santo Antonius dari Padua

Santo Antonius dari Padua

anthonypaduaKembali bersama kami HOPE Travel. Kali ini kami akan membahas mengenai Santo Antonius dari Padua. Kita mengenal Santo Antonius dari Padua dengan perbuatan ajaibnya. Santo Antonius lahir dengan nama Fernando di Lisbon, Portugis pada tahun 1195. Ia adalah putera dari keluarga terpandang di kotanya. Ayahnya bernama Martin dan ibunya bernama Maria Bulhom. Sebagai keluarga yang terpandang, orang tua Fernando ingin agar kelak anaknya menjadi orang yang terkenal.

Ketika Ferdinan berusia 13 tahun ia meninggalkan kemewahannya dan masuk biara santo Vincent yang dikelola oleh Ordo Santo Agustinus. Setelah masuk biara Ferdinan mengambil nama Antonius, sehingga saat ini kita mengenalnya dengan sebutan Santo Antonius dari Padua.  Ketika di biara, Antonius mendapat pendidikan intelektual yang baik sehingga ia menjadi salah seorang religius yang pandai. Namun sayang kehidupan biara tersebut tidak mendukung kehidupan Antonius. Maka seijin superiornya Antonius meninggalnya biaranya dan pergi ke biara santo Agustinus. Di tempat ini ia meneruskan studinya hingga umur 25 tahun.

Pada bulan Februari 1220 Antonius mendengar kabar bahwa ada lima misionaris Fransiskan yang terbunuh di Maroko. Ketika Antonius datang dan memberikan penghormatan kepada lima misionaris ini, tergeraklah hatinya untuk menjadi misionaris dan martir di Maroko. Karena keeinginan yang tidak biasa ini Antonius mendapat kesulitan untuk mendapatkan ijin dari pimpinannya. Namun atas kegigihannya Antonius mendapatkan ijin dan berangkat ke Maroko.

Misi di Maroko ternyata tidaklah mudah karena ia terkena penyakit malaria di sana. Pada akhirnya dengan penuh kecewa Antonius berlayar kembali ke Portugal dengan kondisi yang lemah karena malaria yang ia derita. Namun Tuhan berkehendak lain, kapal yang ditumpangi Antonius terdampar di Sesilia. Maka dari itu Antonius berjalan menuju Asisi. Ia mewartakan Kristus dengan penuh semangat. Banyak orang yang mendengarkan khotbahnya dan menjadi percaya.

gereja St. AnthonyAntonius wafat pada tanggal 13 Juni 1231 setelah mendapat sakramen Perminyakan. Pada awalnya Antonius dimakamkan di gereja Santa Maria di Padua sesuai permintaan santo Antonius. Namun saat ini jenasahnya sudah berada di Basilika Antonius. Peringatan untuk Santo Antonius kita rayakan setiap tanggal 15 Februari setiap tahunnya.

 

HOPE Travel-dari berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya