home
Pilgrimage Sites

COVA DA IRIA

Cova da Iria ("Irene's Cove") adalah sebuah ladang milik keluarga Lucia dos Santos di Fatima, Portugal. Lucia adalah salah seorang anak kecil yang melihat penampakan Bunda Maria.

 

Ketiga anak ini, Lucia dos Santos, Francisco Marto dan Jacinta Marto sering menggembalakan domba milik keluarga mereka di tanah ini. Dan di sumur milik rumah Lucia, mereka melihat 3 kali penampakan seorang malaikat yang adalah Malaikat Penjaga Portugal.

 

Pada tanggal 13 Mei 1917, sekitar tengah hari, ketiga anak ini melihat penampakan seorang wanita cantik, bersinar dan memegang sebuah rosario. Namun secara tiba-tiba tampaklah kilat dari langit, sehingga mereka mencari tempat perlindungan. Dan lalu tepat di atas sebuah pohon Ek, mereka lagi-lagi melihat wanita yang sama, yang kemudian diketahui adalah penampakan Bunda Maria. Penampakan ini mereka alami sebanyak 6 kali lagi, dan berakhir pada bulan Oktober 1917.

 

Pada tahun 1920, didirikanlah sebuah kapel kecil, di atas area ini, dan lalu dikenal sebagai Kapel Penampakan. Kemudian pada bulan Oktober 1930, Uskup Leiria, Dom José Alves Correia da Silva, memberikan persetujuan atas laporan-laporan mengenai penampakan Our Lady of Fatima tersebut.

 

Dan sejak Tahta Suci secara resmi menyetujui penampakan ini, serta pesan-pesan yang diterima oleh ketiga anak kecil tersebut, Cova da Iria menjadi salah satu tempat peziarahan yang penting. Orang beriman dari seluruh dunia datang ke tempat ini. Kapelnya pun sekarang telah menjadi lebih luas, dan menjadi bagian dari sebuah basilika dan area tempat kudus. Di sekitarnya juga terdapat tempat penginapan bagi para peziarah dan juga fasilitas-fasilitas kesehatan.

 

HOPE TRAVEL JAKARTA - berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya