home
Pilgrimage Sites

Museum Rumah Keluarga Paus Yohanes Paulus II

Rumah di Jalan Koscielna sesungguhnya telah dibangun sebelum 1845. Adalah Seweryn Kurowski yang menjadi pemilik pertama rumah ini, yang kemudian menjual rumah tersebut pada tahun 1905 kepada seseorang bernama Joseph Lisko. Lalu pada 1911, rumah yang sama dibeli oleh Chiel Balamuth, dan pasangan Wojtyla pindah ke gedung ini bersama putra mereka, Edmund. Mereka tinggal di lantai 1, sebuah tempat tinggal lengkap dengan dapur, ruang tamu dan kamar tidur.

 

Pada tanggal 18 Mei 1920, lahirlah Karol Jozef Wojtyła, yang kemudian menjadi Paus (Paus Yohanes Paulus II). Dari jendela apartemen mereka, keluarga Wojtyla dapat melihat bayangan jam matahari dengan tulisan “Waktu berlalu dengan cepat, menantilah kekekalan”.

Sementara itu, pemandangan di sebelah timur terlihat Banaś Hygienic Creamery, dimana disebelahnya ada sebuah amphitheater.

 

Lebih jauh lagi ada tempat di belakang sekolah putri, dimana para anak-anak laki-laki bermain sepak bola. Kakak Karol, adalah sosok yang memengaruhinya untuk menyukai olahraga ini.

 

Pada 1929, Ibu Karol, Emilia meninggal di apartemen mereka. Dan 3 tahun kemudian, kakaknya pun meninggal dunia. Karol pun tinggal dengan ayahnya di Wadowice sampai lulus SMA, lalu pada 1938 mereka pindah ke Krakow.

 

Pada 18 Mei 1984, atas bantuan Monsinyur Kazimierz Suder, rumah keluarga Paus Yohanes Paulus II dibuka untuk umum dan dijaga oleh Suster Magdalena Strzelecka, dari Biarawati Nazarene.

 

Pada 12 April 2010, atas kerjasama antara Keuskupan Krakow, Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional, propinsi Malopolska, dan kotamadya Wadowice, Museum Keluarga Paus Yohanes Paulus II didirikan.

 

Lalu pada 5 Oktober 2010, Kardinal Stanisław Dziwisz dari Krakow, Marek Nawara-Marsekal wilayah Malopolska, Piotr Zuchowski-Wakil Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional dan Ewa Filipiak, walikota Wadowice, melakukan peletakan batu pertama sebagai fondasi pembangunan kembali rumah dari Paus Yohanes Paulus II. Bagian tengah dari museum ini, dulunya merupakan tempat tinggal Keluarga Wojtyla.

 

Diterjemahkan oleh HOPE dari:

http://www.it.wadowice.pl/en/karol-wojtyla-foot-trail/objects/family-home-of-john-paul-ii.html

 

Pilgrimage Sites lainnya