home
Pilgrimage Sites

Yakobus yang Mana?

Ketika Yesus memilih 12 muridnya, ada dua nama murid yang sama, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yakobus anak Alfeus (Matius 10:1-4). Nah, mungkin kita bingung, Rasul Yakobus yang manakah yang sering dihubung-hubungkan dengan sejarah berdirinya Katedral Santiago de Compostela?

Mari kita membaca dalam Matius 10:1-4, yang tertulis demikian:

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Dalam buku “The Road to Santiago”, dituliskan bahwa Rasul Yakobus yang disebut-sebut dalam sejarah pembangunan Katedral Santiago de Compostela adalah Yakobus anak Zebedeus dan Maria Salome. Atau sama dengan Yakobus yang berkerabat dengan Yohanes. Sering disebut dengan istilah “Saint James the greater”.


Bersama dengan Petrus dan Yohanes, Yakobus merupakan murid yang istimewa. Hanya mereka bertiga yang diajak Yesus menemani-Nya ketika sedang berdoa di Taman Getsemane menjelang penyaliban. Dan hanya mereka bertiga juga yang menjadi saksi hidup ketika Yesus mengalami transfigurasi.

Berdasarkan sejarah yang tertulis dalam kitab para rasul, Santo Yakobus adalah rasul pertama yang menjadi martir dengan dipenggal kepalanya oleh Raja Herodes Agripa pada tahun 43 di Yerusalem. Dan menurut tradisi, tubuhnya dibawa ke Galicia melalui laut, dan kemudian dikuburkan di sebuah hutan, yang saat ini adalah tempat atau lokasi berdirinya Katedral Santiago de Compostela.

Dari berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya