home
Pilgrimage Sites

Ziarah ke OVIEDO, Spanyol

Sudarium dari Oviedo, atau Kain Kafan yang digunakan saat Yesus wafat setelah diturunkan dari kayu Salib. Pada kain kafan ini terdapat bercak darah dari bekas luka-luka Yesus. Relikwi penting ini disimpan di Katedral San Salvador, tepatnya di Kapel Camara Santa, kota Oviedo, Spanyol.

Sudarium dinyatakan telah dibawa dari Palestina pada tahun 614, setelah penyerbuan ke provinsi Byzantin oleh Raja Persia, Raja Khosrau II. Untuk menghindari kerusakan akibat penyerangan tersebut, awalnya Sudarium dibawa ke kota Alexandria, lalu dibawa hingga ke bagian utara benua Afrika ketika Khosrau II menguasai Alexandria pada tahun 616, dan tiba di Spanyol tidak lama setelah itu.

Sudarium masuk ke Spanyol melalui kota Kartahena, bersama dengan beberapa orang yang melarikan diri dari penyerangan bangsa Persia. Kepala Uksup di kota Sevila bernama Fulgentius, menerima Sudarium tersebut dan menyimpannya di Sevila untuk beberapa tahun.

Pada tahun 657 Sudarium dipindahkan ke Toledo, lalu tahun 718 disembunyikan di pegunungan Montsacro di provinsi Asturia, hingga Raja Alonso II membuat kapel di Oviedo pada tahun 840.

Pada tahun 1075 , Raja Alonso VI, membuka kotak yang berisi Sudarium tersebut. Peristiwa ini diabadikan dalam catatan sebuah dokumen penting di Katedral San Salvador, Oviedo.

HOPE-Dari berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya