home
Pilgrimage Sites

BATALHA MONASTERY

Biara ini dibangun sebagai wujud rasa terima kasih kepada Santa Perawan Maria atas kemenangan Portugis melawan bangsa Castil dalam Perang Aljubarrota pada tahun 1385, sesuai janji Raja John I. Peperangan berakhir karena krisis pada 1383-1385.

Dibutuhkan lebih dari 1 abad untuk membangun biara ini, yaitu dimulai pada 1386 sampai 1517, pada periode 7 raja-raja. Ikut terlibat di dalamnya sejumlah 15 arsitek, sumber daya manusia dan materi yang sangat besar. Termasuk juga teknik baru dan gaya-gaya arsitektural yang tidak dikenal di Portugal, dikerahkan juga demi pembangunan biara ini.

Pembangunan dimulai pada 1386 oleh seorang arsitek Portugal bernama Afonso Dominiques sampai 1402. Ia membangunnya dengan gaya Rayonnant Gothic yang dipengaruhi Perpendicular dari Inggris.

Kemudian diganti oleh Huguet dari tahun 1402-1438 yang melanjutkan pembangunan dengan gaya Flamboyant Gothic, yang terlihat dari fasad utama, kubah dari Founder’s Chapel, dan struktur dasar dari Imperfect Chapel, serta bagian utara dan timur dari teras utama. Tapi ia meninggal dunia sebelum sempat menyelesaikan Imperfect Chapel.

Lalu pada masa pemerintahan Raja Afonso V, seorang arsitek lain bernama Fernao de Evora melanjutkan pembangunan biara antara tahun 1448-1477. Lalu ia digantikan oleh Mateus Fernandes (1480-1515).

Pembangunan terus berkelanjutan pada masa pemerintahan Raja John III, namun akhirnya dihentikan sebab sang raja memutuskan untuk membangun Jeronimos Monastery di Lisbon.

Pada tahun 1755, terjadi gempa bumi yang mengakibatkan beberapa kerusakan. Namun kerusakan semakin diperparah akibat penyerangan dan pembakaran komplek biara pada tahun 1810 dan 1818 oleh pasukan Napoleon yang dipimpin oleh Marsekal Massena. Dan ketika para dominikan diusir dari komplek biara pada 1834, gereja dan biara ini dibiarkan terbengkalai dan rusak.

Pada 1840, Raja Ferdinand II memulai program restorasi biara, sampai awal abad ke-20. Arsitek terakhir adalah ahli batu Jose Patrocinio de Sousa.

Pada 1907, biara ini dijadikan monumen nasional, dan pada 1980, berubah menjadi sebuah museum.

Biara Batalha pada tahun 1983 telah menjadi salah satu situs Warisan Dunia UNESCO.

HOPE-wikipedia

Pilgrimage Sites lainnya