home
Pilgrimage Sites

Columbus Monument

Monumen Columbus (Catalan: Monument a Colom, IPA: [munuˈment ə kuˈɫom]; Spanyol: Monumento a Colón atau Mirador de Colón) adalah monumen setinggi 60 meter yang dibangun untuk mengenang jasa-jasa Christopher Columbus di ujung bawah La Rambla, Barcelona, Spanyol. Dibangun pada tahun 1888 untuk menghormati pelayaran pertama Columbus ke Amerika.

Di bagian paling atas monumen berdiri patung perunggu setinggi 2,2 meter di atas kolom Korintus setinggi 40 meter. Patung itu dipahat oleh Rafael Atche dan dikatakan menggambarkan Columbus menunjuk ke arah Dunia Baru dengan tangan kanannya, sambil memegang gulungan kertas di sebelah kiri.

Banyak yang percaya bahwa sesungguhnya patung ini tidak menunjuk kea arah Dunia Baru di sebelah barat, melainkan ke arah timur, yaitu kota asal Columbus Genoa.
Namun ini tidaklah benar. Sebab jelas bahwa patung mengarah ke sebuah titik yaitu dekat kota Konstantinus, Aljazair. Sedangkan jika menunjuk Genoa di Italia utara, maka seharusnyalah patung itu menghadap ke timur laut dan mengarah ke garis pantai.

Yang lebih masuk akal adalah, patung ini berada dalam keadaan seperti ini hanya untuk menunjukkan bahwa Columbus mengacungkan jarinya ke arah laut, untuk menunjukkan pencapaiannya dalam menemukan benua baru melalui lautan.

Patung terletak di atas sebuah alas bertuliskan “Tierra” yang artinya Tanah.

HOPE-berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya