home
Pilgrimage Sites

Katedral Santander

Dalam bahasa Spanyol namanya adalah Katedral de Nuestra Señora de la Asunción de Santander. Katedral ini terletak di kota Santander, Spanyol. Strukturnya utamanya bergaya Gotik, meskipun telah diperluas dan direnovasi dari waktu ke waktu.

Katedral ini merupakan sebuah komplek monumen bersejarah yang dibangun antara akhir abad ke-12 dan abad ke-14 di atas bekas Biara Santander yang dikenal dengan nama "Biara Badan Suci" (Abadía de los Cuerpos Santos), sebuah biara tua yang didedikasikan untuk St Emeterius dan Celedonius.

Gerejanya sendiri dibangun dari abad ke-8 di atas bukit yang dikenal sebagai Cerro de Somorrostro, dikelilingi oleh air, di mana pemukiman Romawi Portus Victoriae Iuliobrigensium sebelumnya telah ditempatkan, untuk menjaga relikwi para santo martir di Calahorra lima abad sebelumnya, ketika tengkorak mereka dibawa ke Santander oleh mereka yang melarikan diri dari penyerangan Muslim di Semenanjung Iberia.

Pada tahun 1754, Keuskupan Santander didirikan, dan gereja dijadikan Katedral oleh Paus Benediktus XIV dan menjadi tempat bagi Uskup Santander.

Gereja sempat mengalami kerusakan akibat ledakan bom di kapal uap Cabo Machichaco pada 1893. Dan kembali mengalami kerusakan setelah terbakar pada masa perang Spanyol tahun 1941 sehingga membutuhkan perbaikan dan ditutup antara tahun 1942 sampai dibuka kembali pada 1953. Arsitek yang mengerjakan renovasinya adalah José Manuel Bringas dan Juan José Resines del Castillo.

HOPE-berbagai sumber

 

Pilgrimage Sites lainnya