home
Pilgrimage Sites

PORTO

Porto yang dikenal juga dengan nama Oporto dalam Bahasa Inggris adalah kota kedua terbesar setelah Lisbon di Negara Portugal. Porto juga salah satu daerah urban terbesar di Semenanjung Iberia.

Wilayah urban kota ini yang dipeluas melebihi batas administratif kota memiliki penduduk 2,9 juta jiwa pada 2011, mendiami area seluas 389 km2. Inilah yang mengakibatkan Porto menjadi wilayah urban terbesar kedua di Portugal.

Porto juga dijuluki kota global/Global City oleh Globalization and World Cities (GaWC) Study Group, satu-satunya kota Portugis yang disebut sebagai global city.

Nama Porto sendiri adalah kombinasi dari nama Latin Portus Cale, yang berasal dari kata “Portugal”. Dalam Bahasa Portugis, nama kota ini dieja dengan artikulasi o Porto, sehingga terjadi kesalahan dalam terjemahan Bahasa Inggrisnya menjadi Oporto.

Pada tahun 2014 dan 2017, Porto terpilih menjadi Tujuan Wisata Eropa Terbaik oleh the Best European Destinations Agency. Kota ini juga masuk di dalam jalur Portuguese Way dalam Camino de Santiago.

HOPE-berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya