home
Pilgrimage Sites

Santa Maria degli Angeli di Assisi

Basilika Santa Maria degli Angeli (Saint Mary of the Angels) adalah sebuah gereja yang terletak di dataran di kaki bukit Assisi, Italia, di wilayah Santa Maria degli Angeli. Nama kota ini lalu digunakan oleh misionaris Fransiskan Spanyol sebagai nama salah satu kota terbesar di Amerika Serikat, Los Angeles.

Gereja megah bergaya Manneris ini merupakan gereja terbesar ke-7 di dunia yang dibangun pada tahun 1569. Pembangunan yang agak lambat karena hanya mengandalkan sumbangan dana saja pada akhirnya selesai pada 1679. Dan pada 1684 sebuah menara lonceng didirikan. Sesungguhnya akan ada 2 menara kembar, namun menara kedua nyatanya tidak pernah dibangun.

Setelah kematian St Fransiskus di tahun 1226, para biarawan membangun beberapa pondok kecil di sekitar Porziuncola. Pada 1230 sebuah ruang makan dan beberapa bangunan yang berdekatan ditambahkan. Beberapa fondasi ini ditemukan selama penggalian di bawah lantai basilika ini antara 1967 dan 1969.

Ketika sejumlah besar peziarah datang berbondong-bondong ke Assisi untuk menerima "Pengampunan Asisi", ruang kecil Porziuncola menjadi sangat tidak memadai untuk menampung semua peziarah ini. Kebutuhan untuk membangun gereja yang terhubung ke Posziuncola pun muncul. Bangunan di sekitarnya dirubuhkan atas perintah Paus Pius V (1566-1572), kecuali Kapel Transito, tempat dimana St Fransiskus meninggal dunia. Pembangunan basilika pun dimulai pada 25 Maret 1569.

Pada 15 Maret 1832, terjadi gempa bumi sehingga menimbulkan kerusakan, sehingga harus diperbaiki pada 1836 oleh seorang arsitek bernama Luigi Poletti. Renovasi selesai pada 1840 dan kembali dibuka untuk kegiatan gereja.

Antara 1924 sampai 1930 bagian depan kembali dibangun dengan gaya Barok oleh Cesare Bazzani, dan patung berlapis emas Madonna degli Angeli ("Madonna of the Angels") hasil karya pematung Colasanti diletakkan di atasnya pada tahun 1930.

Pada 11 April 1909, gereja ini dinaikkan statusnya oleh Paus Pius X menjadi "patriarchal basilica and papal chapel".

HOPE-Berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya