home
Pilgrimage Sites

TREVI FOUNTAIN

Trevi Fountain (dalam bahasa Italia: Fontana di Trevi) adalah air mancur di distrik Trevi di Roma, Italia, yang dirancang oleh arsitek Italia Nicola Salvi dan diselesaikan oleh Pietro Bracci. Berdiri setinggi 26,3 meter dan lebar 49,15 meter, menjadikan Trevi Fountain air mancur bergaya Barok terbesar di kota dan salah satu air mancur paling terkenal di dunia serta sering muncul dalam beberapa film terkenal, salah satunya yang berjudul Roman Holiday.

Air mancur yang lokasinya di pertemuan 3 jalan (tre vie) ini menandai titik terminal dari Acqua Vergine modern, yaitu Aqua Virgo yang telah dihidupkan kembali yang merupakan satu dari terowongan air yang menyuplai air pada jaman Romawi kuno. Pada tahun 19 sebelum Masehi, sedianya dengan pertolongan seorang wanita, teknisi Roma menempatkan sumber air murni sekitar 13 km dari kota. Ini terlihat dengan patung seorang wanita di latar belakang air mancur. Akan tetapi, pada kenyataannya rutenya menjadi 22 km. Aqua Virgo ini mengalirkan air ke Pemandian Agripa, dan telah memberi manfaat bagi kota Roma selama lebih dari 400 tahun.

Air mancur ini pernah diperbaiki pada 1988 khususnya dalam hal perbaikan warna catnya yang memudar karena kabut asap. Kemudian pada 1998 batu-batunya digosok dan semua keretakan serta beberapa kerusakan juga kembali diperbaiki oleh para seniman ahli. Air mancur juga dilengkapi dengan pompa resirkulasi.

Pada Januari 2013, sebuah perusahaan fashion Fendi diumumkan akan mensponsori renovasi sepanjang 20 bulan bertotal biaya 2,2 juta Euro. Sepertinya hanya inilah tindakan renovasi yang paling menyeluruh dalam sejarah Trevi Fountain. Dimulai pada Juni 2014, renovasinya selesai pada November 2015. Air mancur ini pun kembali dibuka untuk umum dengan mengadakan perayaan pada malam hari di tanggal 3 November 2015. Renovasi ini termasuk pemasangan lebih dari 100 lampu LED untuk meningkatkan pencahayaan air mancur di malam hari.

HOPE-berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya