home
Pilgrimage Sites

KUTNA HORA

Kutna Hora adalah nama sebuah kota yang terletak di Negara Republik Ceko (Czech Republic). Di kota ini terdapat sebuah gereja yang sangat unik karena interiornya banyak menggunakan tulang-belulang manusia. Nama dari gereja tersebut adalah Sedlec Ossuary, yang artinya Makam Sedlec. 

Sejarah Sedlec Ossuary

Tahun 1278 Raja Otakar II dari Bohemia mengirim Henry, kepala biara dari Sedlec, dalam misi diplomatik ke Tanah Suci. Ketika meninggalkan Yerusalem, Henry membawa bersamanya segenggam tanah dari Golgota yang kemudian ia taburkan di atas pemakaman di biara Sedlec. Karena itu, pemakaman ini menjadi terkenal, tidak hanya di Bohemia tetapi juga di seluruh Eropa Tengah, dan banyak orang kaya yang ingin dimakamkan di sini. 

Tanah pemakaman kemudian diperluas selama epidemi The Black Death yang terjadi di abad ke-14 (pada tahun 1318 sekitar 30.000 orang dimakamkan di sini) dan juga selama perang Hussite pada kuartal pertama abad 15.

Sekitar tahun 1400-an, salah seorang biarawan mendirikan Gereja All Saints dalam gaya Gothic di tengah kuburan dan di bawahnya dibangun sebuah kapel untuk menyimpan tulang-tulang dari kuburan yang dibongkar (osuarium Sedlec). 

Setelah tahun 1511, tugas penggalian kerangka dan penyusunan tulang-tulang di kapel diberikan kepada seorang biarawan setengah buta dari selatan. 

Antara tahun 1703 dan 1710, pintu masuk baru dibangun untuk menopang dinding depan, yang bersandar ke luar, dan kapel atas dibangun kembali. Karya ini, dalam gaya Baroque Republic, dirancang oleh Jan Santini Aichel. 

Tulang-tulang yang kita lihat kini, disusun dari tahun 1870 dan merupakan karya seorang pemahat kayu Czech dengan nama Frantisek Rint. Kreasi paling menarik oleh Rint adalah lampu gantung di tengah gereja yang terdiri dari tulang-belulang manusia, dua monstrans samping altar utama, dan lambang dari keluarga bangsawan Schwarzenberg di sisi kiri kapel.

 

HOPE-berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya