home
Pilgrimage Sites

GEREJA MALAM KUDUS-OBENDORF

Gereja Malam Kudus (Bahasa Jerman: Stille-Nacht-Kapelle) yang terletak di kota Oberndorf bei Salzburg di provinsi Austria, Salzburg, merupakan sebuah monumen untuk malam natal dengan tradisi menyanyi pujian Malam Kudus (penulis lagu: Joseph Mohr dan komposernya: Franz Xaver Gruber). Gereja ini berdiri di atas bekas Gereja St Nicholas, di mana pada tanggal 24 Desember 1818, lagu Natal dinyanyikan untuk pertama kalinya. 

Gereja St. Nicholas mengalami kerusakan beberapa kali pada tahun 1890-an akibat bencana banjir Salzach, terutama yang terjadi pada 1899, yang sangat berdampak pada distrik Altach dan menghancurkan sebagian besar kota. Sejak saat itu, keluarlah keputusan yang menyatakan bahwa seluruh Oberndorf, termasuk gereja paroki St Nicholas perlu dibangun kembali. Namun karena biaya yang sangat mahal serta risiko banjir yang terus ada, maka gereja ini tidak jadi diperbaiki. Melainkan digantikan dengan sebuah gereja baru yang dibangun di pusat kota pada tahun 1906. Dan pada tahun 1913 gereja lama pun dihancurkan, menyisakan reruntuhan berbentuk kerucut yang menandai lokasi di mana lagu Natal yang sekarang terkenal itu pertama kali dikumandangkan. 

Gereja St. Nicholas Tua

Peringatan 100 tahun lagu Natal yang jatuh pada bulan Desember 1918 bertepatan dengan masa yang sukar setelah Perang Dunia I. Akan tetapi banyak warga Oberndorf yang tetap ingin menghormati pesan perdamaian yang diciptakan oleh Mohr dan Gruber tersebut. 

Pada 1924, pembangunan kapel memorial berjalan lambat akibat kondisi politik dan ekonomi yang sulit pada masa itu (Republik Pertama). Kapel akhirnya selesai pada 15 Agustus 1937, pada hari Perayaan Pengangkatan. Gereja itu akhirnya menjadi simbol nyata dari lagu Malam Kudus. 

Setiap tahun, terutama saat Natal, ribuan orang dari seluruh dunia mengunjungi Kapel Memorial dan Museum yang berdekatan. Pada pukul 5 sore, setiap 24 Desember, misa peringatan yang khusyuk diadakan di gereja dan para tamu yang datang sangat senang dapat mendengarkan lagu-lagu Natal yang dinyanyikan dalam berbagai bahasa. Sejak tahun 2002, perayaan ini telah ditransmisikan melalui Internet.

 

Sumber: diterjemahkan oleh HOPE dari WIKIPEDIA

Pilgrimage Sites lainnya