home
Pilgrimage Sites

PRAHA - ST JOHN NEPOMUK

John Wolfin, lahir di Nepomuk, dikanonisasi pada tahun 1729 sebagai Santo Pelindung untuk kebebasan bertindak, Pelindung dari musibah banjir, dan juga dari fitnah.

Mitos, legenda dan fakta dilebur jadi satu dalam kisah St John dari Nepomuk dan menjadikannya kisah yang sangat “hidup”. 

John belajar di Universitas Praha dan Padua. Pada tahun 1387, di bawah pemerintahan Raja Wenceslas IV dari Bohemia, ia diangkat sebagai vikjen untuk Uskup Praha. Sebagai seorang pria yang sangat dihormati pada masa itu, ia sempat ditawari untuk menjadi uskup berkali-kali. Tetapi ia selalu menolak dengan jujur karena merasa ada orang lain yang lebih pantas dibandingkan dirinya. 

Kelanjutan kisahnya setelah ini mulai bercampur antara legenda versus fakta.

Sejarah menceritakan bahwa ia telah mempelajari rencana Raja untuk memberi hadiah kepada seorang pastor yang sesungguhnya tidak layak, sehingga ia meyakinkan para biarawan untuk memilih kepala biara baru tanpa sepengetahuan Raja Wenceslas IV. Oleh karena itulah ia dituduh melakukan pengkhianatan dan dikirim ke penjara bersama dengan uskup agung lainnya. 

Uskup agung berhasil melarikan diri, namun John disiksa sampai mati dan tubuhnya dilemparkan ke Sungai Vltava (Moldau). Dituliskan bahwa pada malam yang sama ketika John dibunuh, tujuh bintang terlihat di tempat ia tenggelam. 

Seiring berlalunya waktu, ada kisah lain tentang Pastor John. Menurut legenda, Raja Wenceslas IV adalah orang yang sangat cemburu dan mencurigai istrinya tidak setia kepadanya. Demi mengetahui kebenaran, ia meminta Pastor John untuk memberitahukan kepadanya apa isi pengakuan dosa sang istri. Tentu saja Pastor John menolak. Akibatnya raja membunuhnya dan tubuhnya dibuang ke dalam sungai. 

Di dalam gereja St Salvator di Praha, kita dapat melihat sebuah lukisan yang menceritakan kisah Raja Wenceslas IV yang mencurigai sang istri. Terlihat dalam lukisan, Pastor John sedang berbicara dengan Sang Ratu Queen Sophia dan Raja Wenceslas yang mengacungkan jarinya ke arah mereka berdua.

 

HOPE-berbagai sumber

Pilgrimage Sites lainnya